Home news Cara Membuat Selai Nanas Nastar Yang Enak Dan Manis

Cara Membuat Selai Nanas Nastar Yang Enak Dan Manis

12
0

Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep dan cara membuat selai nanas nastar yang enak dan juga manis. Namun,tahukah kamu apa itu nanas?

Definisi Nanas

nanas

Buah nanas, nenas, adalah suatu tumbuhan tropis yang berasal dari negara Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan. Karakteristik dari tumbuhan ini adalah brendah, herba dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal.

Saat ini nanas banyak digunakan dalam pembuatan berbagai macam olahan makanan seperti selai nanas dan donat dengan toping selai nanas.

Berbagai cara bikin donat empuk dan mengembang dengan olesan selai nanas pun sudah ada di berbagai platfrom sehingga kalian bisa membuat selai nanas sendiridi rumah.

Resep Selai Nanas

resep selai nanas

2. Resep Selai Nanas Spesial

Bahan-Bahan:

  • 1 buah nanas ukuran sedang
  • tepung terigu 1 kg
  • gula pasir 2 gelas
  • 2 sdm kayu manis (halus)
  • 4 buah cengkeh
  • 1/2 sdt vanilli bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 2 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat Resep Selai Nanas Spesial:

  1. Kupas buah nanas sampai bersih termasuk bagian rongga-rongga gatalnya tersebut sampai bersih dengan sempurna.
  2. Setelah buah nanas sudah dikupas, potong buah nanas dengan arah vertikal dan bagi menjadi beberapa bagian, lala parut buah nanas menggunkan parutan keju. Tidak disarankan untuk memakai blender.
  3. Masaklah nanas yang tadi sudah kalian potong dengan memakai panci sampai adonan dari selai nanas mendidih, campurkan 300 gram gula pasir, air jeruk limau, vanilli, serta kayu manis. Kemudian diaduk-aduk terus hingga semua bahan dapat tercampur rata.
  4. Masaklah sampai kandungan air pada buah nanas surut atau sampai bertekstur kental sambil terus diaduk-aduk kurang lebih 30 menit.
  5. Setelah adonannya sudah mengental dan berubah menjadi selai, matikan kompor dan tambahkan sedikit perasan air lemon.Campurkan sampai selai menjadi rata dan biarkan hingga selai nanas menjadi dingin.
  6. Ambillah toples kering dan bersih lalu simpanlah selai supaya selai nanas dapat bertahan dalam waktu yang lama.
  7. Setelah selai nanasnya dingin masukkan ke dalam toples kecil dan tutup dengan rapat lalu masukkan ke dalam lemari es. selai dapat bertahan lama tanpa menggunakan bahan pengawet.

2. Resep Selai Nanas Kaleng

Bahan-Bahan:

  • 6.000 gram nanas kalengan
  • 480 gram gula pasir

Cara Membuat Resep Nanas Kaleng:

  1. Tuangkan buah nanas kaleng serta sari-sarinya ke dalam panci, lalu tambahkan juga 480 gram gula ke dalamnya, lalu aduk adonan selai menggunakan sendok sampai seluruh bahan tercampur dengan baik.
  2. Panaskanlah campuran adonan dari selai buah nanas kaleng dan juga gula dengan api ukuran sedang sambil terus diaduk-aduk supaya suhu panasnya bisa merata. Lakukan proses ini berulang sampai adonan mendidih.
  3. Setelah campuran dari selai nanas sudah mendidih, aduk adonan selama 20 menit secara konstan. Setelah itu, adonan dari selai buah nanas akan terlihat jauh lebih kental dari sebelumnya.
  4. Matikan api kompornya bila tekstur selai nanas sudah dirasa benar-benar mengental.
  5. Diamkan dan tunggulah sampai selai nanasnya dingin, kamu dapat menyimpannya di lemari pendingin.
  6. Selai buah nanas kaleng sudah siap untuk disajikan bersama dengan roti tawar atau untuk bahan isian kue kering seperti nastar.

3. Resep Selai Nanas Rumahan

Bahan-Bahan:

  • 6 butir nanas ukuran sedang
  • 1/4 kilo gula pasir
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Resep Selai Nanas Rumahan:

  1. Kupaslah buah nanas dan bersihkan nanas termasuk dibagian rongga-rongga gatalnya tersebut sampai bersih dengan sempurna.
  2. Parut buah nanas memakai parutan keju agar lebih mudah.
  3. Tuang hasil daru parutan buah nanas yang sudah diparut tadi ke dalam panci dan masak dengan menggunakan api sedang sampai air yang ada benar-benar menyusut.
  4. Setelah itu, masukanlah gula pasir dan juga garam sesuai dengan selera, kemudian di aduk-aduk kembali dengan api kecil.
  5. Setelah selai nanas sudah benar-benar tercampur dengan rata dan tekstur sudah berubah, angkat dan diamkan hingga parutan buah nanas yang dimasak tadi dingin.
  6. Selai buah nanas pun sudah siap untuk dipakai membuat kue nastar atau olesan roti tawar.

Baca juga: Resep Serta Cara Membuat Nasi Goreng Sosis Yang Enak

Dalam pemotongan buah nanas saya sarankan untuk memakai alat pemotong buah dan sayur agar proses lebih cepat.

Itulah penjelasan kali ini tentang resep dan cara membuat selai nanas nastar yang enak dan manis. Sampai jumpa di artikel saya yang selanjutnya