Home news Cara Membuat Seblak Basah Pedas Gurih Nampol

Cara Membuat Seblak Basah Pedas Gurih Nampol

14
0
Cara Membuat Seblak Basah Pedas Gurih Nampol

Pada umumnya, makanan pedas khas kota kembang, Bandung, Jawa Barat ini berisikan kerupuk mentah yang direbus. Setelah itu dicampur dengan orak arik telur, sayuran, dan bumbu pedas. Jangan lupa tambahkan air yang cukup banyak agar terdapat kuah. Dikesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat seblak basah pedas.

Sejarah Seblak

sejarah seblak

Siapa sih yang tidak tahu seblak? Makanan khas bandung yang identik dengan rasa pedas kencurnya ini, makanan yang sempat viral belakangan ini disebut sudah ada sejak Indonesia belum merdeka.

Banyak orang yang menyebut bahwa makanan seblak merupakan makanan asal Sumpiuh dari Jawa Tengah. Namun usut punya usut, ternyata makanan ini sangatlah mirip dengan makanan khas daerah Jawa Tengah yang bernama kerupuk godhog yang pengolahannya dengan cara serupa yaitu direbus.

Kerupuk godhog diperkirakan sudah populer sejak tahun 1940-an dimana pada saat itu Indonesia belum merdeka. Sedangkan kuliner pedas ini baru populer di kalangan masyarakat sekitar tahun 2000an.

Pada sekitar tahun 1940an, di salah satu kota yang berada di Jawa Tengah, mulai populer kerupuk godhog yang dijadikan oleh masyarakat sebagai cemilan. Dengan mencampurkan kerupuk dengan beberapa bahan lain, maka itu sudah cukup untuk menjadi sebuah makanan yang bisa dinikmati oleh banyak orang.

Hingga kini makanan yang memiliki cita rasa gurih dan pedas ini sudah banyak berkembang. Mulai dari segi bahan utama, hingga toppingnya, awal mulanya makanan ini hanya menggunakan bahan seperti kerupuk, telur, ayam dan kencur untuk aromanya.

Tentu saja hal tersebut dilakukan untuk menambah varian rasa dari seblak serta menarik minat para pembeli. Sebab bertambahnya varian rasa itu bertujuan agar para penikmat dapat memilih menu yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.

okeee langsung saja simak ulasan di bawah ini tentang bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Cara Membuat Seblak Basah Pedas

Bahan-Bahan:

  • 1 kg kerupuk aci/kerupuk kanji mentah warna
  • putih Air panas untuk merendam
  • 8 butir telur ayam
  • 4 sdm garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 4 batang daun bawang, iris halus
  • 8 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 12 buah sosis sapi, potong bulat diameter 1-2 cm
  • 10 buah bakso sapi, potong bulat tipis
  • Bawang goreng secukupnya untuk taburan
  • 20 siung bawang putih kupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • 6 butir bawang merah
  • 2 cm kencur
  • 5 buah cabai keriting
  • 10 buah cabai rawi

Cara Membuat Seblak Basah Pedas:

  1. Rendam kerupuk dalam air panas hingga berwarna bening, Angkat dan tiriskan Rebus kerupuk sebentar hingga lunak Angkat dan tiriskan.
  2. Masukkan ke dalam air panas, angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
  4. Masukkan telur, aduk hingga berbutir-butir.
  5. Tambahkan bakso sapi, sosi sapi, dan kerupuk kanji Aduk rata.
  6. Masukkan daun bawang, garam, gula, dan kaldu ayam bubuk Aduk rata.
  7. Tuang air, masak hingga bumbu meresap dan bahan matang Angkat.
  8. Dinginkan sejenak, masukkan ke dalam kemasan Beri taburan bawang goreng.
Baca Juga:cara membuat seblak kering dan basah 

Manfaat Seblak

Ada fakta yang menarik dari seblak ini, ternyata memakan seblak memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Tetapi anda harus bijak dalam mengkonsumsinya, karena memakan makanan pedas yang berlebihan malah bisa menimbulkan penyakit lainnya. Berikut manfaat seblak yang baik bagi tubuh.

1.Sebagai Sumber Vitamin C

Kandungan vitamin C yang ada pada makanan seblak berasal dari cabe yang sangat penting untuk kesehatan dan bisa mencegah penyakit didalam tubuh. Vitamin C ini berfungsi sebagai antioksidan yang bertujuan menahan oksidasi sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Hal ini membuat tubuh kita lebih siap saat menghadapi perubahan cuaca yang biasanya membuat tubuh kita rentan terhadap penyakit. Selain itu vitamin C yang terdapat pada cabe juga dapat menyehatkan kulit serta bisa membuat kulit semakin kencang dan mencegah penuaan dini pada wajah Anda.

2.Menurunkan Berat Badan & menghilangkan stress

Ternyata dengan memakan seblak bisa menurunkan berat badan serta bisa menghilangkan stress. Hal ini terjadi dikarenakan metabolisme dalam tubuh kita akan meningkat ketika saat memakan seblak sehingga tubuh kita akan berkeringat.

Tentunya ini membuat tubuh kita membakar makanan di dalam tubuh dan bisa menurunkan berat badan yang berlebih. Seblak merupakan salah satu makanan yang memiliki citra rasa yang pedas.

Banyak yang tidak tahu kalau memakan makanan yang pedas ternyata bisa menghilangkan stress. Hal ini terjadi dikarenakan efek kejut pada lidah saat memakan makanan yang pedas membuat tubuh kita menghasilkan hormon yang  bisa menghilangkan stress.

Jadi dengan memakan seblak sangat cocok ketika anda sedang mengalami stress dikarenakan aktivitas pada kegiatan sehari-hari.

3.Menyehatkan Jantung

Kandungan yang ada pada cabai ternyata dapat menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat/LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Hal ini terjadi karena kandungan dalam cabai yang mebuat pedas yaitu Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu Kandungan yang ada pada cabe sudah terbukti secara ilmiah bisa menyehatkan jantung anda. Hal ini dikarenakan cabe mengandung senyawa yang membuat jantung anda lebih aktif dan pastinya lebih sehat.

Cukup sekian dulu artikel dari saya tentang cara membuat seblak basah pedas, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin membuat sendiri dirumah. Dan selamat mencobaa!.