Home Foods Cara Membuat Sate Padang Secara Mudah

Cara Membuat Sate Padang Secara Mudah

11
0

Siapa yang tidak jelas sate padang yang mempunyai bumbu khusus dengan cita rasa yang berbeda dengan sate pada umumnya, sate padang ini adalah sate khas berasal dari kota Padang ini umumnya di sajikan di waktu hari raya Idul Fitri atau hari besar lainnya,

terlebih jikalau kalian mengkonsumsi dengan ketupat, nah pasti saja kadangkala kalian akan penasaran waktu menginginkan memicu sajian menu khusus ini maka kalian bisa memicu sate padang sendiri loh, maka dengan begitu kalian tidak perlu bingung mencari warung makan sate padang untuk membelinya.

 

Seperti yang kami lihat bahwa sate mempunyai bumbu kacang yang waktu ini dikenal di banyak lokasi di Jawa, sate Padang ini apalagi mempunyai kuah yang kental dan dibikin berasal dari rebusan tepung beras, selanjutnya ditambah dengan banyak variasi rempah-rempah seperti halnya cabai merah, serai, jinten, ketumbar, jahe. lengkuas, kunyit, dan lain sebagainya.

Bahkan banyak di didalam kuah sate Padang juga ditambahkan kacang tanah, tetapi juga tidak memicu menjadi bumbu kacang, daging yang digunakan juga bukanlah daging ayam atau kambing, melainkan daging sapi, atau daging kerbau.

 

Baca juga : Nasi box ayam bakar

 

Dan juga terkandung jeroan lidah, usus, paru, dan bagian daging sapi lainnya. Sate Padang juga mempunyai citarasa yang pedas, dan di taburi dengan bawang goreng, di sajikan dengan ketupat, atau kerupuk kulit khas kota Padang (Kerupuk Jangek).

Sate Padang ini mempunyai daging yang udah masak sebelum saat dibakar, beda halnya dengan daging ayam, dan daging kambing yang digunakan untuk memicu sate Madura atau sate Tegal.

 

Menurut beberapa sumber menyatakan bahwa sate Padang ini udah ada sejak lama, dan juga berasal berasal dari area Padang Panjang, dan karena banyak peziarah, dan pemuda kota Padang yang belajar mengaji ke Pariaman, maka berasal dari itu pada akhirnya kuliner sate Padang berikut menyebar ke lokasi lain.

Dengan menyesuaikan karakteristik kota Pariaman, maka sate Padang Panjang berikut mengalami beberapa sentuhan baru di didalam bumbunya. Maka waktu ini sate Padang terkandung 3 model yang udah di memastikan berdasarkan dimana area asalnya.

 

Terdapat 3 model yaitu Sate Padang Panjang, Sate Pariaman, dan Sate Padang Kota, dengan penampilan yang berbeda, dan juga rasa nya, tetapi sate ini tetap dikenal dengan sebutan Sate Padang.

 

Sate Padang khas Padang Panjang ini juga terlampau tenar dengan kuah kentalnya yang mempunyai warna kuning. Hal berikut disebabkan oleh bumbu dapur yaitu kunyit yang terlampau mendominasi pengolahan kuah sate khas Padang Panjang. Sate model ini mengeluarkan aroma yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan rempah-rempah nya yang jauh lebih lebih terasa.

 

sate Padang khas Pariaman mempunyai warna yang merah, dan jauh lebih kental, warna merah ini diperoleh berasal dari cabai merah yang jauh lebih banyak, maka rasa berasal dari sate Padang Pariaman dan juga bisa dikatakan bahwa jauh lebih pedas.

Untuk sate Padang kota warna yang dihasilkan juga lebih terlihat kecoklatan, warna kecoklatan berikut disebut sebagai warna peralihan atau perpaduan berasal dari sate khas Padang Panjang khas Pariaman.

Bahan – Bahan Membuat Sate Padang

Bahan-bahan yang diperlukan diantaranya adalah :

  1. 6 Siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 1 buah kunyit
  4. 1 sendok makan ketumbar
  5. 8 buah cabai keriting
  6. 1 sendok teh bubuk jinten
  7. 1 buah jahe
  8. 5 lembar daun jeruk
  9. 2 batang serai
  10. 1 buah lengkuas
  11. 1 sendok makan garam
  12. 50 gram tepung beras
  13. 600 ml air
  14. 100 gram kacang tanah yang sudah disangrai dan ditumbuk kasar

Resep Cara Membuat Sate Padang dengan Mudah dan Cepat

  1. Kalian bisa mengsangrai ketumbar dan jinten, setelah itu sisihkan.
  2. Masukkan bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, lengkuas, cabai keriting, dan bumbu ketumbar, dan jinten yang sudah disangrai, lalu haluskan dengan merata di dalam blender.
  3. Lalu tumis bumbu halus hingga tercium aroma harum selanjutnya kalian bisa menambahkan serai, daun jeruk, dan garam, setelah itu sisihkan bumbu tersebut apabila sudah terlihat sedikit kering.
  4. Setelah itu ambil dan tiriskan daging lalu biarkan air bumbu tersebut berada di atas kompor.
  5. Lalu ambil air rebusan tadi ke dalam mangkuk, setelah itu kalian bisa campurkan dengan tepung beras, lalu masukkan kembali campuran kuah, dan tepung beras tersebut ke dalam panci.
  6. Setelah selesai, kalian bisa memasukkan kacang tanah yang sudah disangrai, lalu aduk merata hingga tekstur saus dan mengental.