Home news Cara Membuat Onion Ring Crispy Praktis Dan Enak

Cara Membuat Onion Ring Crispy Praktis Dan Enak

12
0
Cara Membuat Onion Ring Crispy

Onion ring menjadi salah satu cemilan favorit banyak orang dengan rasanya yang gurih dan renyah.Bawang bombai yang biasanya selalu dipakai untuk bahan makanan, dapat dikreasikan menjadi camilan enak.

Di kesempatan kali ini saya akan membagikan tips cara membuat onion ring crispy, penasaran dengan bahan dan pembuatannya? yukk simak ulasan di bawah ini.

Cara Membuat Onion Ring Crispy

Bahan-Bahan:

  • 1 buah bawang bombay kupas menggunakan mesin pengupas bawang ukuran besar
  • Tepung roti atau panir secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • 2 cangkir tepung terigu
  • ¬†Minyak goreng secukupnya
  • 2 sdm tepung maizena
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Air es secukupnya

Cara Membuat Onion Ring Crispy:

  1. Iris bawang bombay bentuk lingkaran, lepas satu persatu hasil potongan supaya bawang makin banyak.
  2. Rendam potongan bawang dengan air es selama 15 menit. Tiriskan.
  3. Buat adonan kering, campur tepung terigu, tepung maizena, kaldu bubuk, garam, dan merica. Aduk rata.
  4. Balur bawang dengan sedikit adonan tepung, sisihkan.
  5. Buat adonan basah, masukkan air es ke dalam adonan kering, aduk rata. Buat adonan jangan terlalu kental tapi juga jangan terlalu encer.
  6. Celupkan bawang ke adonan basah, lalu baluri dengan tepung roti atau panir.
  7. Goreng bawang sampai berwarna kecoklatan.
Baca Juga: cara membuat onion ring renyah 

Onion Ring

onion ring

Onion ring memiliki rasa yang gurih serta manis dari bawang bombay memang layak untuk difavoritkan. Biasanya menyantap onion ring crispy ini paling pas dengan saus sambal botolan, saus tomat, mayonaise serta sambal pedas sesuai selera.

Makanan dengan bahan utama bawang bombay ini juga terkenal di luar negeri. Kalau di sana mereka menyebutnya onion blossom. Bedanya hanya cara memotong bawangnya.

Di luar negeri bisa berbentuk menyerupai bentuk bunga yang mekar, karena di sana menggunakan alat khusus untuk memotong. Kalau di Indonesia cara memotong bawangnya mudah, cukup menggunakan pisau dapur.

Onion ring biasanya dihidangkan bersama dengan kentang goreng, ayam goreng, hotdog dan burger. Camilan berbahan dasar bawang bombay ini begitu crispy dan enak, cocok banget dipadukan dengan makanan cepat saji.

Manfaat Onion Ring

Makanan olahan bawang bombay ini biasa disebut onion ring. Rasa gurih alami dari bawang membuat onion ring kerap dijadikan cemilan.

Namun tak banyak yang sadar ada banyak kandungan yang luar biasa dari bawang bombay. Bahkan nilai gizinya mampu membantu kita menjaga kesehatan tubuh, loh. Oleh karena kandungan gizinya, bawang bombai memiliki banyak manfaat kesehatan antara lain.

1.Rendah gula dan hampir bebas lemak

Bawang bombai terbukti hanya memiliki kalori sebanyak 40 kcal/100 gram bahan. Penyumbang kalori pada umbi Liliaceae ini adlaah karbohidrat. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa bawang bombai hampir bebas lemak sehingga kalori dari lemak tidak berarti jumlahnya.

Karbohidrat yang dikandung bawang bombai terdiri atas monosakarida, polisakarida, dan serat. Sementara, gula total yang dikandung dalam umbi ini hanya sebesar 4,24 g/100 gram bahan. Dengan begitu, bawang bombai juga termasuk makanan rendah gula.

2.Mencukupi kebutuhan vitamin C harian

Bawang bombai memiliki vitamin C yang masuk dalam karegori lumayan tinggi. Dalam 100 gram bawang bombai, terkandung vitamin C yang merupakan 12 persen dari kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.

Jadi, konsumsi bawang bombai dapat sangat membantu seseorang dalam upaya mencukupi kebutuhan vitamin C yang sering kali tidak terpenuhi karena beragam alasan.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan tubuh tidak mampu menyerap vitamin C secara optimal, yakni: Tubuh sedang sakit sehingga usus halus tidak mampu menyerap vitamin C dengan baik.

3.Menjaga daya tahan tubuh

Bawang bombai memiliki beberapa mineral mikro yang unggul, seperti selenium dan fluor. Selenium diperlukan tubuh dalam jumlah kecil, tapi nutrisi ini memiliki peran yang cukup penting.

Uji biokimia membuktikan bahwa selenium adalah antibiotik dan antioksidan yang baik. Dengan fungsinya ini, keberadaan selenium sangat berarti untuk menjaga daya tahan tubuh atau imunitas.

Itu saja artikel dari saya tentang cara membuat onion ring crispy, semoga sangat bermanfaat untuk anda yang ingin membuatnya. Dan selamat mencobaa!.