Home bisnis Cara Membuat Kerajinan dari Tempurung Kelapa Simple

Cara Membuat Kerajinan dari Tempurung Kelapa Simple

75
0
Cara Membuat Kerajinan dari Tempurung Kelapa

Cara Membuat Kerajinan dari Tempurung Kelapa – Batok merupakan salah satu produk bekas yang terbuat dari kelapa. Nama lain dari tempurung adalah batok kelapa. Seperti biasa setelah menggunakan kelapa, tempurung itu dibiarkan begitu saja atau dibuang begitu saja.

Padahal, tanpa kita ketahui, batok kelapa bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai kerajinan cantik yang memiliki harga jual.

Kerajinan batok kelapa belum tentu sulit jika langsung dipraktekkan, karena kerajinan batok kelapa cukup sederhana dan lugas.

Apa Itu Batok Kelapa?

Tempurung kelapa merupakan limbah yang berasal dari buah kelapa yang telah diambil dagingnya, biasanya tempurung kelapa sering digunakan sebagai bahan bakar.

Contoh bahan bakar adalah ikan bakar, bata bakar dan lain-lain. Selain itu, sisa batok kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan tangan yang unik dan menarik, seperti contoh yang akan kita bahas berikut ini.

Tips Dalam Memilih Batok Kelapa yang baik.

Sebelum membuat kerajinan tangan dari batok kelapa, anda harus memperhatikan secara khusus kualitas batok kelapa ini sebagai bahan utamanya.

Kualitas batok kelapa sangat berpengaruh terhadap produk kerajinan. Pilih kelapa tua dan keras.

Jika Anda kesulitan membedakan batok kelapa keras dan tidak keras, Anda bisa melihat warnanya. Tempurung kelapa hitam yang dipotong menyilang memiliki tekstur yang sebagian besar keras.

1. Persiapankan Perlengkapan

Agar proses kreatif berjalan lancar, persiapkan semua peralatan terlebih dahulu.

2. Langkah-Langkah Pembuatan

Apabila bahan dasarnya sudah siap yaitu batok kelapa dan bahan-bahan yang berkualitas. Langkah selanjutnya adalah membuat produk kerajinan ini.

Langkah pertama bersihkan dulu batok kelapanya. Pastikan batok kelapa benar-benar bebas dari serabut dan kotoran. Anda bisa menggunakan pasir kasar agar batok kelapa benar-benar bersih.

3. Haluskan Batok Kelapa

Setelah batok kelapa bersih, Anda perlu menghaluskan permukaan batok kelapa. Ratakan dengan amplas halus.

Yang tak kalah penting adalah pijatan dengan daun pisang kering. Daun pisang kering berguna untuk membuat permukaan batok kelapa mengkilat.

4. Potong Batok Kelapa

Pada tahap ini, potong batok kelapa dengan gergaji atau gergaji khusus. Anda dapat memotong dari model atau konsep yang Anda buat.

5. Bentuk Batok Kelapa

Setelah memotong batok kelapa menjadi bentuk yang Anda inginkan. Terakhir, saatnya merangkai dan merangkai bentuk-bentuk tersebut menjadi produk-produk unik seperti bunga, gantungan kunci, gelas, dll.

Contoh Hasil Kerajinan dari Tempurung Kelapa

Contoh hasil buatan tangan yang terbuat dari batok kelapa adalah sebagai berikut.

1. Kerajinan Asbak Dari Batok Kelapa

Seperti yang Anda tahu, asbak adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh perokok aktif. Jika biasanya asbak terbuat dari kaca, marmer atau besi, kali ini asbak terbuat dari batok kelapa. Hal ini tentu saja menciptakan asbak yang unik dan menarik.

Selain itu, asbak batok kelapa ini juga bisa digunakan sebagai dekorasi ruang tamu. Dengan efek klasik dan unik ini, ruang tamu Anda akan semakin cantik dan elegan.

2. Kerajinan Celengan Dari Batok Kelapa

Cara Membuat Kerajinan dari Tempurung Kelapa

Kerajinan tempurung kelapa mudah selanjutnya yang bisa kamu buat adalah celengan. Biasanya celengan terbuat dari plastik, besi, tanah liat atau bahan lainnya. Nah kali ini kamu bisa membuat celengan dari batok kelapa.

Celengan ini pasti sangat unik dan menarik. Anda juga bisa menjual celengan ini dan pasti menghasilkan nilai finansial. Selain itu, celengan ini juga bisa dijadikan sebagai kado untuk pacar, pacar, dan adik-adik.

3. Kerajinan Gelas Dari Batok Kelapa

Kerajinan yang terbuat dari batok kelapa juga bisa dibuat menjadi gelas. Gelas berbahan dasar batok kelapa ini memang unik dan memiliki unsur tradisional. Bahkan, kerajinan kaca yang terbuat dari batok kelapa saat ini banyak dijual di toko online seperti Bukalapak dan lainnya.

Nyatanya, hanya satu gelas yang bisa dijual dengan harga tinggi. Hal ini tentunya karena nilai estetika yang ditawarkan kaca ini. Bagi Anda yang kreatif, Anda bisa mencoba mengkreasikan gelas dari batok kelapa.

 

Cara membuat kerajinan dari tempurung kelapa merupakan kerajinan menarik dari batok kelapa dengan membuatnya anda bisa mendapatkan untung.

Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.