Home news Cara Membuat Kacang Coklat Untuk Lebaran

Cara Membuat Kacang Coklat Untuk Lebaran

21
0

Pada kali ini saya akan membagikan cara membuat kacang coklat untuk lebaran. Yuk simak caranya.

Definisi Kue Kacang Coklat

definisi kue kacang coklat

Kue kacang coklat merupakan salah satu camilan wajib di momen lebaran dan tidak dipisahkan dari momen perayaan hari besar keagamaan tersebut.

Meskipun demikian, tidak hanya di saat momen itu saja sebenarnya kue kering ini muncul, namun di berbagai jenis perayaan dan hari besar lainnya kue kering juga selalu hadir melengkapi sekaligus menyemarakan perayaan tersebut.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda mencoba untuk membuat sendiri menu hidangan kue kering yang nantinya bisa anda coba buat dan sajikan pada perayaan atau momen-momen penting yang anda miliki.

Cara Membuat Kue Kacang Coklat

cara membuat kue kacang coklat

Bahan Utama :

  • 150 gram kacang tanah, sangrai kemudian kupas kulitnya
  • 2 butir telur ayam ambil bagian kuningnya
  • 100 gram margarine leleh
  • 200 gram tepung terigu
  • ½ sendok teh garam
  • 60 gram gula halus

Bahan Olesan :

  • 2 butir telur ambil kuningnya kemudian kocok lepas

Cara Membuat Kacang Coklat Untuk Lebaran

  1. Ambil kacang tanah yang sebelumnya sudah anda sangrai, kemudian anda masukan ke dalam blender atau ulekan dan haluskan kacang tanah tersebut. Sisihkan.
  2. Masukan margarine bersama gula halus dan juga telur ke dalam sebuah wadah dan kocok dengan menggunakan mixer sampai mengembang dan terlihat berbuih.
  3. Tambahkan garam serta tepung terigu ke dalam adonan dan jangan lupa anda aduk sampai dengan merata.
  4. Ambil kembali kacang yang sudah dihaluskan kemudian anda tambahkan ke dalam adonan.
  5. Uleni adonan dengan menggunakan tangan anda sampai dengan kalis dan tercampur dengan merata.
  6. Letakan adonan anda tersebut di tempat yang cukup rata dan kemudian anda pipihkan dengan roll atau tangan.
  7. Ambil cetakan kue dan mulai bentuk adonan anda tersebut.
  8. Letakan di atas loyang yang telah diberikan olesan margarine sebelumnya.
  9. Berikan olesan kuning telur pada bagian atas kue tersebut sampai merata dan semua kue anda terlapisi.
  10. Masukan dalam oven dan mulai panggang selama kurang lebi 20 menit saja sampai dengan matang.
  11. Angkat kue anda dan dinginkan terlebih dahulu sebelum anda memasukannya ke dalam toples.
Baca Juga : Cara Membuat Kue Kacang Lembut

Manfaat Kacang Tanah

1. Membangun Serta Memperbaiki Sel Tubuh

Beragam jurnal kesehatan menyebutkan bahwa kacang tergolong sebagai jenis makanan sumber nutrisi protein nabati. Dalam 100 gram kacang, terdapat sekitar 25 sampai 26 gram protein tumbuh-tumbuhan ini. Jumlah tersebut telah mencakup hampir setengah kebutuhan protein seseorang dalam satu hari.

Pada wanita dewasa, dianjurkan untuk mendapatkan protein sebanyak 46 gram setiap harinya. Sedangkan pada pria dewasa, kebutuhan proteinnya setiap hari mencapai angka 56 gram. Jadi, cukup dengan mengonsumsi 100 gram kacang-kacangan, kamu telah mampu mencukupi setengah asupan protein harian yang dibutuhkan tubuh.

Meski begitu, kebutuhan protein setiap orang tidaklah selalu sama. Beberapa hal seperti, usia dan juga faktor risiko memengaruhi jumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, yang pasti, kamu harus mampu mencukupi asupan protein tubuh ini agar sel-sel di dalam tubuh dapat dibangun dan diperbaiki saat mengalami kerusakan.

2. Cegah Risiko Kolesterol Tinggi

Kebanyakan lemak yang terkandung di dalam kacang tergolong sebagai asam lemak tidak jenuh tunggal, serta tidak jenuh ganda. Kedua jenis lemak tersebut dikenal sebagai jenis lemak yang baik dan menyehatkan bagi tubuh. Tentunya, nutrisi ini bisa ditemui pada olahan kacang tanah.

Menurut pemaparan American Heart Associanionatau AHA, rutin mengonsumsi lemak tidak jenuh tunggal maupun lemak tidak jenuh ganda dapat menggantikan lemak jenuh serta lemak trans. Hal tersebut mampu memberikan khasiat menyehatkan yakni mengontrol kadar kolesterol di dalam darah.

Secara tidak langsung, manfaat tersebut juga mampu menekan risiko penyakit kardiovaskuler. Seperti, penyakit jantung dan stroke. Walaupun begitu, tetap pahami bahwa kacang tanah masih memiliki kandungan lemak jenuh, meskipun jumlahnya sedikit. Oleh karena itu, agar mampu mendapatkan khasiat kacang tanah yang satu ini dengan optimal, tetap konsumsi jenis makanan tersebut dengan jumlah yang cukup dan terukur.

3. Bantu Melancarkan Pencernaan

Kacang tanah merupakan salah satu jenis makanan dengan kandungan serat cukup tinggi. Dalam 100 gram kacang tanah terdapat setidaknya 8 gram serat. Jumlah tersebut mampu mencukupi sekitar 25 persen asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Serat sendiri banyak dikenal sebagai nutrisi yang mampu memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah melancarkan dan menyehatkan organ pencernaan. Saat kebutuhan serat terpenuhi, proses pembuangan kotoran atau feses menjadi lebih lancar karena zat tersebut mampu menyerap air.

Alhasil, feses pun menjadi lebih lunak serta lebih mudah dikeluarkan saat BAB. Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta menekan risiko penyakit kardiovaskuler, obesitas, hingga diabetes type 2. 

Nah itu dia cara membuat kacang coklat untuk lebaran. Caranya mudah bukan. Simak resep lainnya disini. Selamat mencoba.