Home Tips Apa Itu CV ATS dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Apa Itu CV ATS dan Bagaimana Cara Membuatnya?

131
0
cara membuat cv ats

Apa Itu ATS?

Apakah kamu pernah mendengar CV ATS atau ATS? Apa itu ATS atau CV ATS? Untuk kamu yang melamar pekerjaan melalui online. Tentu kamu akan tidak asing dengan istilah ATS sendiri. ATS atau Applicant Tracking System adalah sistem atau perangkat lunak yang dibuat agar perusahaan dapat dengan mudah mengumpulkan dan melakukan filter CV sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

ATS sendiri terdengar tidak asing bagi perusahaan di amerika serikat. Dimana hampir seluruh perusahaan di sana telah menggunakan perangkat lunak yang satu ini. Dengan ATS kamu dapat dengan mudah menyeleksi resume atau cv yang sesuai kebutuhan perusahaan.
Dengan demikian, perusahaan akan sangat terbantu untuk menemukan kandidat yang paling sesuai dengan pekerjaan yang akan dijalankan nantinya.

Bagaimana Cara Kerja ATS?

ATS sendiri memiliki beberapa jenis. Saat ini beberapa ATS yang kerap digunakan banyak perusahaan antara lain Taleo, Brassring, SmartRecruiters dan masih banyak lainnya. Untuk itu, bagi kamu yang kerap melamar pekerjaan di perusahaan besar, kamu akan menghadapi ATS terlebih dahulu sebelum CV kamu di screening oleh perusahaan.

Cara kerja ATS sendiri adalah dengan mengumpulkan dan menganalisis semua resume yang telah diterima oleh sistem di dalam data base. Nantinya, ATS akan dengan sendirinya melakukan sortir terhadap resume yang telah dikumpulkan di dalam data base dan dipilih sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

ATS juga akan membuat rangking sesuai dengan kesesuaian skill dan pengalaman kerja yang ada pada CV pelamar dengan kebutuhan yang telah ditetapkan perusahaan. Hal inilah yang membuat ATS menjadi gerbang utama yang wajib diketahui oleh pelamar kerja agar lamaran kerjanya dapat lolos ke tahap selanjutnya.

Cara Membuat CV ATS Friendly

Jika kamu masih bingung dan belum memiliki resume atau CV ATS friendly, kamu wajib membuat CV ATS friendly agar cv kamu lolos proses screening. CV ATS Friendly adalah CV yang akan membantumu lolos seleksi dan memperbesar kesempatan CV-mu dibaca oleh HRD perusahaan. Berikut beberapa tips atau cara membuat CV ATS Friendly.

  1. Buat CV dengan memperhatikan penulisan skill yang sesuai dengan kriteria pekerjaan yang kamu lamar, pastikan juga kamu hanya membuat CV untuk pekerjaan yang relevan dengan latar belakangmu.
  2. Gunakan keyword CV atau resume yang sesuai dengan kriteria pekerjaan yang diincar agar bisa mengoptimalkan fungsi pencarian ATS dan mendapatkan ranking algoritma yang lebih tinggi.
  3. Gunakan keyword yang disingkat sekaligus kepanjangannya misalnya “Master of Business Administration (MBA” atau Search Engine Optimization (SEO)” untuk memperbesar kemungkinan terjaring ATS.
  4. Sebaiknya hindari penggunaan kolom atau tabel karena dapat menyebabkan error pada sistem pencarian ATS, hindari juga penggunaan gambar atau foto karena biasanya tidak akan terbaca oleh sistem.\
  5. Gunakan font atau jenis huruf tradisional yang biasa digunakan pada ATS seperti Garamond, Georgia, atau Helvetica.
  6. Jangan gunakan header atau footer karena tidak akan terbaca oleh sistem sebagaimana yang disebutkan dalam laman Talent Inc.
  7. Gunakan headline bagian resume atau CV yang sesuai standar dan jangan coba menjadi kreatif misalnya “Pengalaman kerja” daripada “Dimana saya pernah bekerja”
    Jika memungkinkan simpan dokumen CV atau resume-mu dengan format word seperti .doc atau .docx
  8. Jangan mengakali sistem dengan memasukkan keyword yang sesuai dengan kriteria secara berlebih, mungkin hal ini bisa meningkatkan skor mu tetapi kamu justru bisa di blacklist oleh perusahaan jika menemukan kecurangan tersebut.
    Hindari penggunaan desain template yang berlebihan, gunakan desain sederhana atau plain text document agar lebih mudah terbaca oleh sistem.
    Cek terlebih dahulu di situs yang menyediakan fitur scan ATS baik gratis maupun berbayar