Home news Cara Membuat Cocopeat Dari Sabut Kelapa Mudah di Lakukan

Cara Membuat Cocopeat Dari Sabut Kelapa Mudah di Lakukan

89
0

Cara Membuat Cocopeat Dari Sabut Kelapa Mudah di Lakukan- Bagaimana cara membuat cocopeat yang bagus? dari awal produksi cocopeat kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa tugasnya dan bagaimana cocopeat sebagai alat bisa atau tidak. Ini sangat baik untuk tanaman yang kita tanam. Terkadang kita bingung dalam memilih media tanam yang baik, mulai dari kemampuan menahan air yang baik hingga perakaran dan pemacu tanaman.

Pengertian Cocopeat

Cara membuat cocopeat dari sabut kelapa

Cocopeat sering disebut dengan kokoro atau cocokoro yang merupakan media tanam alternatif yang digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman seperti B. hidroponik dapat digunakan. Penanam ini terbuat dari cangkang atau kulit kayu.

Kelapa diolah sedemikian rupa menjadi butiran seperti serbuk gergaji, sekam padi biasanya dimanfaatkan dari limbah rumah tangga atau dari perusahaan yang menggunakan kelapa sebagai bahan baku produknya. Di Indonesia, pohon kelapa tumbuh subur di seluruh Indonesia.

Cara Membuat Cocopeat

Alat dan Bahan:

  • Sabut Kelapa
  • Ayakan
  • Alat Press

Langkah pembuatan:

  1. Pilih serat sabut dari kelapa tua atau tua.
  2. Untuk menghilangkan senyawa kimia dari tempurung kelapa, batok kelapa direndam selama kurang lebih 6 bulan, karena senyawa kimia tersebut dapat menghambat pertumbuhan tanaman, misalnya tanin. Kandungan tanin ditunjukkan dengan warna merah bata saat kulit direndam dalam air.
  3. Selanjutnya tepung tempurung dibuat dari tempurung kelapa, Anda bisa menggunakan mesin untuk membuat tepung tempurung kelapa. Namun, jika mesin tidak tersedia, Anda bisa memotong kulitnya setipis mungkin.
  4. Bahan baku berupa serbuk tempurung kelapa dijemur di bawah sinar matahari selama sehari atau sampai kelembabannya di bawah 15%. Anda bisa mengukur kelembapannya
  5. Jika kadar air kurang dari 15%, langkah selanjutnya adalah proses penyaringan. Hasil penyaringan serbuk cangkang sering disebut sebagai “debu”.
  6. Sisa dari proses pengayakan sebagai serat kulit kayu mentah, disebut juga serat, dipisahkan dari hasil saringan halus atau debu, yang selanjutnya dapat dijual langsung sebagai bahan bakar pembuatan arang dan papan tumbuk atau papan flanel. untuk furnitur.
  7. Saringan beberapa kali untuk mendapatkan bubuk dengan panjang yang sama. Lalu ada proses pencucian yang biasanya dilakukan saat hujan untuk memaksimalkan pencucian.
  8. Setelah pencucian dalam, serbuk kulit kayu dikeringkan hingga kadar air minimal 12%.
  9. Selain itu, untuk mendapatkan hasil akhir, debu tersebut ditekan menjadi bentuk balok yang sesuai dengan mesin pengepres. Cetakan yang digunakan biasanya berukuran 30x30x20 cm atau 30x30x15 cm dengan berat masing-masing sekitar 5 kg.
  10. Jika Anda berencana untuk menanamnya sendiri, cocopeat siap digunakan. Namun jika Ada ingin menjualnya, bisa dibungkus dengan plastik terlebih dahulu agar terlihat lebih menarik.

Kelebihan Cocopeat

1. Bentuk dan Teksturnya Menyerupai Tanah

Keunggulan media tanam cocopeat yang pertama adalah bentuk dan komposisinya mirip dengan tanah. Sehingga tanaman yang menggunakan media tanam ini beradaptasi dengan baik saat ditanam di tanah. Namun berbeda dengan tanah, media tanam ayam ini tidak mengandung unsur hara. Oleh karena itu, tanaman membutuhkan nutrisi tambahan untuk tumbuh subur jika menggunakan media tanam Cocopeat.

2. Memiliki Daya Serap Air Yang Tinggi

Ini adalah keunggulan lain dari media tanam Cocopeat. Cocopeat memiliki kapasitas air yang cukup besar dan dapat menampung air lebih banyak dibandingkan tanah. Manfaat nampan tanaman gambut tunggal baik untuk tanaman air. Dengan substrat tanaman Cocopeat, kandungan air tanaman terjaga dengan baik, sehingga akar tanaman tidak cepat kering karena terhidrasi dengan baik.

3. Tahan Terhadap Hama

Salah satu keunggulan budidaya kelapa gambut adalah ketahanannya terhadap hama. Beberapa hama tanah tidak suka berada di pohon kelapa. Dengan demikian, tanaman kelapa terlindungi dari hama.

4. Ramah Lingkungan

Keunggulan media tanam cocopeat selanjutnya adalah ramah lingkungan. Karena planter terbuat dari bahan organik dan mudah terurai di dalam tanah saat tidak digunakan. Selain itu, bahan tanaman cocopeat dapat didaur ulang menjadi bahan tanaman baru setelah proses tertentu.

Bagi anda yang ingin membuat cocopeat anda bisa menggunakan mesin pres cocopeat yang bisa anda temukan di pabrik terpercaya untuk membantu proses pembuatannya. Semoga bermanfaat.