Home news Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa yang Berkualitas

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa yang Berkualitas

204
0
cara membuat briket arang batok kelapa

cara membuat briket arang batok kelapa tidak terlalu sulit. Arang tempurung kelapa memiliki keunggulan sebagai pengganti energi pembakaran. Indonesia adalah pemasok utama pohon kelapa. Sebagian besar di semua daerah dapat menghasilkan pohon.

Tanaman kelapa sudah lama dikenal masyarakat sebagai tanaman dengan berbagai manfaat dan fungsi mulai dari akar hingga daunnya. Pemanfaatan pohon kelapa dapat kita temukan di sekitar kita. Mulai dari daun, batang, buah dan bagian lain dari pohon kelapa.

Beberapa penelitian telah berhasil membuktikan khasiat pohon kelapa. Namun, ada bagian lain dari tanaman kelapa yang perlu dikaji dan dikembangkan lebih lanjut oleh para penerima manfaat, yaitu tempurung kelapa.

Indonesia terletak di tempat dengan iklim tropis yang sangat cocok untuk pengembangan pohon kelapa ini. Pohon kelapa sangat melimpah di daerah tropis ini, karena pohon kelapa dapat hidup dimana saja, bahkan dengan jenis tanah yang berbeda. Tumbuhan ini banyak ditemukan di daerah pantai, dataran dan daerah pegunungan.

Batok kelapa merupakan bagian buah kelapa yang berbentuk endokrin, keras dan dilapisi sabut kelapa. Bagian kelapa ini biasanya digunakan untuk membuat bahan, bahan bakar dan juga untuk membuat briket batok kelapa.

Olahan batok kelapa dapat menghasilkan nilai tinggi yang sangat berharga. Arang tempurung kelapa memiliki kapasitas yang besar dan nyaman digunakan. Batok kelapa berbentuk bulat dan keras, sehingga mudah untuk membuat batok kelapa.

Pemanfaatan terbesar tempurung kelapa yang saat ini menjadi fokus perhatian adalah penyimpan energi.

Pemanfaatan Batok Kelapa

Batok kelapa dapat langsung digunakan sebagai bahan bakar. Contoh penggunaan arang tempurung kelapa antara lain beberapa pedagang, pedagang ikan bakar, pedagang jagung bakar, dan berbagai bahan bakar lainnya. Selain digunakan sebagai bahan bakar langsung, batok kelapa juga dimanfaatkan untuk menyimpan energi listrik.

Bahan baku pembuatan briket arang bermutu tinggi adalah batok kelapa yang didalamnya terdapat batok tua atau kering. Kulitnya berwarna coklat tua dan permukaan luarnya mengkilat.

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa

cara membuat briket arang batok kelapa

Pembuatan briket arang dari kulit kerang membutuhkan proses yang cukup lama. Briket arang tempurung kelapa merupakan bahan bakar alternatif yang menawarkan banyak manfaat bila digunakan.

Beberapa keuntungan menggunakan briket kelapa adalah hemat, aman dan ramah lingkungan. Briket batok kelapa mudah terbakar, tahan lama dan menghasilkan banyak energi panas, sehingga briket batok kelapa lebih ekonomis dibandingkan dengan bahan bakar lainnya.

Tidak ada bahan kimia tambahan yang digunakan dalam pengolahan briket, sehingga tidak ada asap dan abu yang beterbangan saat digunakan. Dengan menggunakan briket ini Anda tidak perlu khawatir akan noda hitam yang ditimbulkan oleh briket karena briket tidak akan menodai alat yang ditabraknya.

Bahan-Bahan :

  • Arang tempurung kelapa
  • Tepung Kanji
  • Air

Peralatan :

  • Mesin bubuk arang
  • Printer briket
  • Briket oven
  • Mesin pengaduk adonan

Cara Membuatnya

1. Proses Penggarangan

Batok kelapa dibuat dari arang dalam tong arang manual, yang kemudian dibakar dan ditutup agar udara pada tong arang sedikit.

Batubara ini juga dapat menggunakan proses pirolisis dimana tempurung kelapa ditempatkan dalam tangki pirolisis tertutup dan kemudian diembunkan dengan cepat menjadi asap cair.

2. Proses Pengepungan

Arang yang dihasilkan dari proses pembakaran manual atau proses pirolisis kemudian dihancurkan dengan mesin disc grinding.

3. Proses Penyaringan

Setelah arang dihaluskan, ayakan tersebut dapat digunakan untuk menghasilkan arang batok kelapa yang lebih lembut dan halus. Arang dari tempurung kelapa disaring dengan saringan 50 mesh.

4. Proses Pencampuran Media

Tepung tempurung kelapa ini kemudian dikocok dengan air dan lem kanji. Jika Anda melakukan proses pengadukan ini, Anda bisa menambahkan 2,5% lem kanji dari batok kelapa tadi.

5. Proses Pencetakan Briket Arang Batok Kelapa

Setelah semua bahan tercampur rata, cetak dengan printer.

6. Proses Pengeringan

Keringkan briket yang telah dipres di dalam oven dengan suhu 650 C selama kurang lebih 2 jam, sinar matahari dapat digunakan untuk pengeringan ini. Setelah semua proses selesai, briket batok kelapa dapat dikemas dan dijual.

Tentunya jika ingin membuat arang biket, anda perlu mengolahnya agar menjadi biket. Nah untuk itu anda harus memiliki alat pembuat briket dan mesin pembuat briket.  Dengan mesin ini anda akan bisa membuat biket yang nantinya dapat menentukan kualitas hasil briket yang bagus.