Home Uncategorized 5 Trik Pintar Memanfaatkan Pekarangan Rumah Jadi Lahan Pangan!

5 Trik Pintar Memanfaatkan Pekarangan Rumah Jadi Lahan Pangan!

12
0

 

Pekarangan rumah dapat disulap menjadi beragam fasilitas menarik. Mulai dari taman bermain, kolam renang, kebun, hingga lahan pangan. Untuk lahan pangan, nampaknya masyarakat di perkotaan masih jarang yang membuatnya. Padahal dengan kehadiran lahan pangan, kamu dapat berhemat dan mendapatkan bahan makanan yang terjamin kualitasnya. Terutama di era pandemi yang memaksamu untuk hemat dan tidak sering keluar rumah.

Yuk simak tips dan trik untuk memanfaatkan pekarangan.

MENGOLAH TANAH DENGAN TEPAT

Sebelum memulai untuk membuat lahan pangan pertama yang harus dilakukan adalah mengolah tanah.. Membersihkan pekarngan dari rumput liar lalu setelahnya kalian harus menggemburkan tanah agar dapat menanam sayur dan juga buah.. Mencampur tanah dengan pupuk organic merupakan salah satu cara agar tanah subur, bisa juga dengan cara menyebarkan cacing tanah secara merata dia area tanah yang sudah di gemburkan karena cacing tanah dapat membuat tanah subur dan juga menambah nutrisi pada tanah.

Anda butuh kusen? Klik di kusen aluminium malang

MENENTUKAN JENIS TANAMAN

Menentukan jenis tanaman yang akan kalian tanam pada pekarangan bedasarkan kesukaan orang rumah maka dari itu tidak akan siasia jika nnati di panen, dan juga menanam tumbuhan yang cepat di panen seperti tomat, cabe, sawi, dan juga sayuran lainnya yang dapat di masak sebagai lauk kluarga.. dapat juga menanam rempah rempah seperti sereh, daun salam, jahe atau lengkuas maka dapat memudahkan kalian saat akan memasak.

MENENTUKAN TATA LETAK TANAMAN

Menentukan tata letak tanaman merukan satu hal yang penting agar semua tanaman dapat berfotosintesis dengan baik. Contohnya tanaman yang besar di sebelah barat dan juga yang kecil di sbelah timur.. Tujuannya adalah mengikuti sinar matahari agar tumbuhan tidak saling menutupi saat matahari berpindah tempat. Cara ini juga dapat membuat pertumbuhan tanaman kalian menjadi teratur dan juga sehat.

OPSI PEKARANGAN RUMAH KALIAN YANG MUNGIL

Jika kalian yang berada di tengah kota dan memiliki pekarangan yang kecil jangan khawatir jika kalian tidak bisa membuat lahan untuk menanam pangan arena kalian bisa memanfaatkan pot pot kecil untuk menanam pangan atau kalian bisa memanfatkan cara hidroponik yang tidak membutuhkan tanah dan dapat disusun secara vertikal.

Anda mencari jasa pembuatan kusen aluminium? Klik di jasa pembuatan kusen aluminium malang

HADIRKAN KOLAM IKAN DI PEKARANGAN

Jika pekarangan rumah kalian cuup besar tidak ada salahnya jika kalian membuat kolam ikan di dekat tanaman pangan kalian agar suasana rumah semakin asrii dan adem